Kemang Village Residence

Jl. Pangeran Antasari No.36, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12150

Menu

Kemang Daerah Sering Banjir Di Jakarta Selatan

Perumahan elit dengan berbagai fasilitas yang mewah di daerah kemang yang memiliki nama kemang village residence memang sebelumnya adalah sebuah desa. Nama Kemang sendiri berasal dari nama sebuah pohon yang sangat banyak ditemukan di desa tersebut kala itu.

Kemang Village dulunya merupakan wilayah hijau di daerah Jakarta yang menjadi daerah resapan air saat musim hujan. Namun, Seiring berjalannya waktu kemang village kini mulai beruah drastis. Perubahan mulai terlihat diawali pada tahun 1990 an. Pada saat itu Kemang menjadi wilayah yang menjadi rujukan warga pendatang. Warga pendatang itu tidak hanya dari Jakarta, namun warga asing jika turut tinggal di kawasan ini. Beberapa sumber menyatakan kedatangan warga asing ke Kemang berlangsung sebelum tahun 1990.

Setelah kedatang banyak warga pendatang baik itu dari Jakarta dan warga asing yang tinggal di kawasan Kemang, daerah yang sekarang berdiri tower apartemen di kemang village. Selanjutnya pada tahun 1999 Kemang ditetapkan oleh pemerintah sebagai kampung modern melalui SK Gubernur DKI Nomor 144 Tahun 1999 dan juga merupakan bagian dari sejarah Kota Jakarta. Setelah adanya SK tersebut, pembangunan di kawasan ini pun semakin gencar dilakukan. Tidak hanya pemukiman mewah, namun juga berupa bangunan modern sepertikantor, sejumlah kafe, bahkan hotel juga sangat banyak ditemukan di kawasan ini. Sekarang wilayah Kemang yag dulunya dikenal sepi dan asri berubah nama menjadi Kemang Village yang dikenal sekarang sebagai perumahan mewah dan elite di kawasan Jakarta.

Seiring dengan pembangunan gedung – gedung dan fasilitas mewah lainnya yang memakan banyak tempat dan menyingkirkan lahan hijau di area tersebut, membuat daerah Kemang sangat akrab dengan banjir. Namun meskipun banjir sering datang di wilayah kemang, untungnya kemang village tetap menjadi wilayah yang beba dari banjir mengingat kontur tanah wilayah kemang village yang lumayan tinggi, belum lagi kemang village juga di dukung dengan saluran sungai yang cukup besar sehingga melanjarkan aliran air yang dikirim dari langit tersebut. Banjir hampir selalu datang ketika musim penghujan tiba di kawasan ini, diakibatkan oleh berbagai faktor diantaranya adalah pemangunan, pembangunan yang mengambil alih lahan hijau. Padahal sebelumnya daerah Kemang ini merupakan andalan pemerintah pusat dalam menangkal banjir, karena digunakan sebagai daerah

Kemang Village Kebanjiran, Kemang Daerah Banjir Di Jakarta Selatan

Banjir ini hampir selalu semakin parah setiap tahun. Didapati pada tahun 2017, banjir di daerah Kemang mencapai ketinggian sekitar satu meter. Karena banjir ini, puluhan kendaraan roda empat dan roda dua terendam. Bahkan, akibat banjir ini salah satu orang meninggal akibat tersengat listrik yang tergenang air di rumahnya.

Menindaklanjuti permasalahan banjir di daerah Kemang ini, pemerintah Jakarta mulai memutar otak untuk menanggulanginya. Pemerintah kota mengatakan bahwa untuk menanggulangi masalah banjir di Kemang adalah melebarkan dan normalisasi Kali Krukut. Untuk melebarkan dan normalisasi Kali Krukut ini dilakukan dengan cara membongkar pelan-pelan bangunan tanpa ijin dan hotel-hotel yang berhalaman luas di sekitar kali krukut.

Demikian di atas adalah penjelasan terkait wilayah kemang dari desa yang sangat sepi dengan masyarakat yang sangat sederhana berubah menjadi kawasan yang sangat elite di Jakarta dan menjadi kawasan langganan banjir di Jakarta. Tentunya dengan perubahan ini ada nilai plus dan minus yang bisa dirasakan oleh masyarakat di sana. Alangkah baikya kita harus terbuka dengan perubahan dan senantiasa menyiapkan rencana-rencana untuk segala kemungkinan yang akan terjadi di masa mendatang. Akhir kata, terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Unit Apartemen Dijual & Disewakan

Price 4.5 Miliar
Luas : 148 sqm
Type Unit : 2 BR
Level Lantai : Tengah
Price 2.5 Miliar
Luas : 74 sqm
Type Unit : 2 BR
Level Lantai : Tinggi
For Rent
Price Rp. 19jt/Month
Luas : 98 sqm
Type Unit : 2 BR
Level Lantai : Tengah
Price 3.1 Miliar
Luas : 110 sqm
Type Unit : 2 BR
Level Lantai : Tinggi
Price 4.5 Miliar
Luas : 143 sqm
Type Unit : 2 BR
Level Lantai : Tengah
Price 3.4 Miliar
Luas : 100 sqm
Type Unit : 2 BR
Level Lantai : Tengah